Beranda > Sejarah > Sejarah Desa Gili Timur

Sejarah Desa Gili Timur

uploaded by. hafis.muaddab@gmail.com

Menurut sumber yang dapat dipercaya ialah salah satu tokoh masyarakat setempat dan juga kebetulan sebagai kepala desa Gili Timur yaitu bapak Moh Kholil. Asal usul nama Gili Timur  ialah kali yang bersumber dari mata air sebelah Timur jalan raya.

Konon dahulu pada masa pemerintahan cakraningrat I , ada tiga saudara yaitu , Buju ( orang suci ) bernama Achmat,Tarhes yang dikenal dengan nama Buju Bendo dan Robbo yang dikenal dengan sebutan Buju Markun. Ketiga saudara tersebut bertapa (semedi) untuk mendapatkan air disalah satu dusun yang akhirnya dinamakan dusun Sumber.

Tidak lama kemudian muncul sumber air yang warnanya kuning,air tersebut ditampung atau dibuatkan suatu kolam, lama kelamaan air semakin jernih,pada saat itu sumber tersebut dibuat mandi oleh masyarakat setempat, konon airnya dapat untuk obat, dan lokasi sumber air terletak sebelah timur pabrik Maduratek.

Selanjutnya Buju achmad menetap di Dusun Sumber yang sekarang di sebut nama Desa Gili Timur ( Gili = air yang mengalir di sebelah Timur jalan raya ) menurut cerita bapak Moch Cholil.

Kategori:Sejarah
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: